Agar Anak Tidak Ngompol

Terbayang gak bunda, susahnya para ortu jika anak-anaknya masih sering ngompol…??  Tiap malam akan tersiksa dengan bau pesing, dan juga repot kalau selalu pakai diapers. Bayangkan saja berapa anggaran untuk popok yang harus di sediakan tiap malam. Belum lagi kalo anaknya sudah tidak mau pakai diapers…. Waduh tambah repotkan…??


Alhamdulliah bunda anak saya sendiri sudah tidak ngompol sejak umur 1 th,  namun banyak sekali anak-anak yang bahkan sampai usia 7 tahun masih ngompol…. (merepotkan sekali bukan…??) waduh jangan sampai deh….. putra putri bunda tercinta seperti itu.


Saya punya keponakan yg masih ngompol padahal usianya sudah 7 th lebih lo bunda… Awalnya saya tidak tahu kalau Muti (keponakan saya red) masih ngompol,  tapi setelah mamanya cerita barulah saya tahu….. yaampun saya sampai kaget  dengar ceritanya, ternyata hampir tiap malam Muti ngompol.

Kemudian saya Tanya sama mamanya apa sebelum tidur sudah pipis dulu…? Jawabnya sudah. Apa sebelum tidur minumnya banyak…? Jawabnya  enggak.

Lo…terus apa penyebabnya….????

Bunda juga pasti ingin tau bukan…???

Mungkin di artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan bunda. Saya akan berusaha untuk membagi pengalaman saya selama menjadi orang tua.. (hehehehe..walaupun belum terlalu berpengalaman..) namun saya ingin sekali berbagi tips2 ini bersama bunda, Insya Allah berhasil…


  • Berdasarkan pengalaman saya, sebelum anak tidur di bawa dulu ke kamar mandi untuk pipis kalau belum mau biasanya saya tirukan suara bunyi pisss berulang2 agar pipis, (kalau dengar bunyi pissssss biasanya yang tidak mau pipis jadi mau pipis).

  • Lihat pola ngompolnya anak, kalau anak biasa ngompol jam 1-an, sebelum jam 1 kita sudah bangunkan, kalau tidak mau bangun digendong ke kamar mandi untuk kita pancing pipis.

  • Dilakukakan setiap malam secara rutin.

  • Insya Allah, paling lama 2 bulan anak sudah tidak ngompol lagi, kalau anak mau pipis akan bangunkan kita

  • Pastikan anak sebelum pergi ke sekolah dia sudah kebelakang (pipis/BAB) dan anak perlu diberitahu dimana tempat untuk buang air kecil.

  • Termasuk ketika sedang asyik berjalan-jalan ke mall, perhatikan tempat untuk buang air kecil dan ajak anak untuk buang air kecil, jangan menunggu sampai si anak mepet kebelet pipis. Kalau ini yg terjadi biasanya si anak sudah ngompol duluan.

  • Pastikan juga minumnya si anak agar jangan sampai terlalu berlebihan terutama menjelang tidur.

Ok… bunda selamat mencoba ya…. Semoga berhasil..

Tulisan ini dipublikasikan di DUNIA BUNDA dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Agar Anak Tidak Ngompol

  1. nurbaiti berkata:

    makasi y sarannya soal nya nak saya masih ngompol juga.nanti saya coba tips nya………………………

  2. Anak saya sudah berumur 4 tahun dan sekarang sudah terbiasa untuk minta ke kamar kecil bila ingin pipis. Kebiasaan ini menjadikan ia tidak lagi suka ngompol saat tidur. Dulu treatment saya adalah dengan membiasakannya dan selalu mengingatkannya saat tiba-tiba pipis. “Nak kalau pipis di kamar mandi ya, bukan di sini, dan bukan di kamar tidur” bilang saya pada anak saya. Terimakasih sharingnya ya ….

Berikan Balasan

