Persiapan Sebelum menyusui

Hallo ketemu lagi……


Saya akan melanjutkan  arikel yg kemaren tentang  ASI,  Agar ASI bunda dapat keluar cukup banyak, sebaiknya bunda perlu melakukan beberapa persiapan tertentu sebelum menyusui,  diantaranya :

  • Makanlah makanan selingan seperti bubur kacang hijau yang banyak mengandung gizi

  • Minumlah segelas air, susu atau sari buah sebelum  atau pada waktu menyusui

  • Berbaringlah selama beberapa menit sebelum Ibu mulai menyusui

  • Mandilah dengan air hangat sebelu ibu mulai menyusui

  • Kompres payudara untuk memperlancar sirkulasi darah, lalu bersihkan payudara ibu sebelum menyusui.

  • Tanamkan keyakinan pada diri ibu bahwa ibu pasti bisa menyusui bayi ibu dengan baik.

Setelah mengetahui manfaat ASI bagi bunda dan si kecil, plus cara mempersiapkan diri sebelum menyusui, kini saatnya bunda perlu membekali diri    bunda tentang pengetahuan seluk beluk makanan bergizi yang diperlukan bunda selama menyusui.


Apa yang perlu bunda hindari…?

Ada beberapa hal yang perlu bunda hindari selama menyusui yaitu :

  1. Kol, bunga kol atau lobak, karena dapat membuat perut bayi kembung.

  2. Teh atau kopi dalam jumlah berlebihan, karena zat yang terkandung di dalamnya mempunyai efek merangsang ginjal bekerja lebih giat, sehingga mengakibatkan ibu jadi lebih sering kebelakang (hal ini dapat membuat bunda kekurangan cairan)

  3. Rokok, karena zat nikotin dapat menimbulkan keracunan pada bayi

  4. Pil KB, karena beberapa diantaranya menganudng hormon estrogen sintesis dan hormon progesteron yg mempunyai dampak menghambat keluarnya air susu ( cttn. jika ingin menggunakan Pil KB gunakan lah pil khusus utk ibu menyusui)


Agar tetap langsing selama menyusui

Ingin menyusui, tapi takut gemuk..? tak perlu khawatir..?? Bunda dapat menyiasati dengan mengikuti diet tepat makanan rendah kalori.  Caranya :

  1. Makanlah makanan yang berkalori rendah tetapi mengandung zat bergizi yg maksimal, khususnya makanan yang tinggi protein.

  2. Kurangi makanan yang digoreng, sebagai gantinya olahlah makanan bunda dengan cara lain, misalnya dikukus, direbud atau di bakar.

  3. Pilihlah daging yang tidak berlemak, khususnya hati, jantung dan ginjal

  4. Konsumsilah makanan yang kaya protein tapi tidak menggemukkan, seperti tahu dan tempe.

  5. Perbanyak makanan sayuran serta buah-buahan, dan kurangi lah kue-kue

  6. Pilihlah buah segar ketimbang yang di buat manisan

  7. Hindari sayur dan buah yang berkalori tinggi seperti alpukat, sirsak , ubi dan jagung

  8. Hindari makanan yang manis-manis seperti permen dan coklat.

Pos ini dipublikasikan di DUNIA BUNDA dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s