Mendidik Balita


Sikap Anda Dalam Mendidik Balita


1.  Bersikap jujur terhadap diri anda sendiri

Anda hanya manusia biasa; berulangkali anda akan merasa bahwa bermain dengan anak demikian membosankan dan anda ingin menghindari. Bila anda sudah sampai tahap ini, berhantilah dan istirahat. Aktivitas stimulasi berungsi paling baik kalau anda berdua dalam suasana hati yang senang.

2.   Hindari terlalu banyak aturan

Waktu bebas penting bagi balita anda.  Waktu bebas memberikan kelonggaran baginya untuk memilih sendiri. Bila anda merencanakan setiap aktivitas untuknya,  dia mungkin segera kehilangan rasa percaya diri untuk membuat dirinya tetap senang bila anda tidak mengatur permainan untuk dirinya.

3.  Nikmati suksesnya

Stimulasi harus menyenangkan, kalau tidak  aktivitas itu menjadi terlalu kaku. Bila anda terlalu tergesa-gesa berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya seperti menggunakan daftar, anda akan sulit menikmati kesenangan dari hasil yg dicapai balita anda.

4.   Biarkan dia bermain dengan anak-anak yang lain.

Ketika bersama dengan anak-anak yang sebayanya, dia merasa tingkat stimulasi yg paling cocok baginya dan secara sepontan menyesuaikan diri dengan tuntutan dari situasi.

5.   Santai

Perkembangan balita bukan perlombaan, Tidak ada keuntungan yang nyata bagi balita anda kalau sudah dapat menyelesaikan tantangan yang biasanya di kaitkan dengan anak yang lebih besar. Targetkan kemajuannya yang berlangsung sesuai dengan kecepatannya sendiri.

Sumber : Cara Pintar dan Bijak Mendidik Anak/Esti Sukapsih S.Pd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s