Tips Cegah Diare Pada Balita


Bunda mana yang tak khawatir dan sedih bila melihat kondisi si kecil lemah tak berdaya. Matanya terlihat cekung, sering rewel, sedikit-sedikit diare, dan tak jarang makanan yg sudah di telah di muntahkannya kembali.

Duh…. jangan-jangan ini pertanda bayi anda terserang rotavirus.. Apa yang mesti dilakukan bunda agar masalah sikecil segera teratasi..?? Bunda, mengingat penyakit diare akibat rotavirus sangat mudah menular, perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut :

  1. Rawatlah secara terpisah anak yang terinfeksi rotaviirus dengan anak yang sehat lainnya agar tidak mudah tertular.

  2. Jagalah kebersihan dilingkungan anda, utamanya pada kotoran anak. Caranya; bekas pakaian seperti celana, baju dan sprei yang terkena kotoran segera di bersihkan dan jika perlu gunakan antiseptik

  3. Cuci bersih perlengkapan makanan dan minuman sikecil seperti dot dan botol susu hingga benar-benar bersih, juga gelas dan sendoknya. Bila perlu simpan gelas dan sendok sikecil di tempat yang khusus.

  4. Selain menjaga kebersihan lingkungan, jaga pula kebersihan diri anak. Biasakan anak selalu cuci tangan sebelum makan. Bila perlu sediakan selalu sabun antiseptik.

  5. Kebersihan makanan juga penting untuk di perhatikan. Cuci bersih makanan yang masih mentah sebelum diolah. Masak hingga matang dan simpan di tempat yang bersih.

  6. Segera bersihkan permukaan, benda (termasuk mainan) dan pakaian yang telah terkena muntah atau tinja dengan detergen dan air panas.

  7. Yang tidak kalah penting, pada kondisi perubahan iklim yang tak menentu diharapkan bunda bisa menjaga daya tahan tubuh anak. Caranya, berikan asupan gizi yang cukup, cukup karbohidrat, lemak, mineral, protein dan vitamin serta istirahat yang cukup.

Nah… bunda, mudah-mudahhan tips diatas bisa membantu bunda dalam mengatasi diare pada balita.

Jalan-jalan lagi yuk bunda..!!! ” tips berpergian bersama si kecil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s